Selasa, 23 Juli 2019

Harga Rumah Murah di Bandung Dekat Tempat Tamasya

Pernahkah Anda mendengar harga rumah di kota Cimahi ada yang sebesar 12 M? Alias 12 milyar rupiah. Apakah Anda sempat bertanya-tanya mengapa dapat hingga senilai itu? Bukankah sesungguhnya sama-sama saja antara rumah satu dengan yang lain jikalau diperhatikan dari peruntukannya? Ataukah itu cuma logika-akalan pihak pengembang yang memanfaatkan sentimen konsumen saja? Malahan di sebagian titik tertentu harga rumah dapat jadi benar-benar benar-benar jauh di atas NJOP (Skor Jual Objek Pajak). Terutama lagi ada kalanya justru NJOP juga tak menjadi tolok ukur harga sebuah rumah murah di kota Cimahi dan Bandung.

Seperti yang difahami bersama, ada sebagian faktor yang memberi pengaruh harga sebuah hunian di suatu lokasi yang terbangun. Elemen-faktor tersebut secara simultan berpengaruh terhadap hasil akhir harga sebuah rumah atau hunian semisal yang ada di Cimahi dan Bandung. Dalam skala kecil faktor tersebut memang cuma berpengaruh terhadap harga satu unit hunian. Namun saat kita berdialog dalam skala besar seperti halnya perumahan, blok atau cluster maka sejumlah faktor tersebut akan berefek terhadap konsep keseluruhan dari zona yang dibangun. Elemen utama yang mempengaruhinya adalah harga dasar tanah yang di atasnya nanti akan dibangun rumah. Harga dasar ini menentukan harga jual tanah yang akan dipasarkan ke konsumen yang secara seketika juga memberi pengaruh harga keseluruhan sebuah hunian.

Sesudah faktor harga dasar tanah, faktor lain yang memberi pengaruh harga rumah di Cimahi dan Bandung adalah tarif pembangunan lahiriah bangunan. Tarif pembangunan ini terdiri dari tarif SDM dan tarif harga pembelian material bangunan. Elemen selanjutnya adalah lokasi geografis di mana sebuah hunian akan didirikan. Semakin dekat dengan sentra keramaian atau sentra ekonomi, maka harga rumah yang dipatok akan lebih tinggi dibanding di lokasi yang jauh dari sentra keramaian.

Kota Bandung dan Cimahi saat ini telah menjadi kota liburan dengan penetrasi luar umum. Disadari atau tak, saat ini kedua kota tersebut telah menjadi destinasi andalan utama liburan di Jawa Barat dan malah Indonesia. Tercatat berbagai tujuan liburan alam telah berada di kedua kota ini. Taraf ekonomi dari kedua kota ini memberikan pengaruh signifikan terhadap laju pertumbuhan properti di dalamnya. Dan tentunya juga berpengaruh terhadap harga rumah di Cimahi serta Bandung. Sebagai contoh hunian maupun properti yang berada di Jalan Setiabudi Bandung, memiliki harga benar-benar tinggi dikarenakan posisinya berada di Jalan Setiabudi yang di sana berdiri berbagai factory outlet. Tidak jauh beda jikalau melihat Cimahi, properti yang berada di jalur Kolonel Masturi bagian bawah malah, memiliki poin properti yang tinggi dikarenakan di jalan inilah tersedia kios-kios pilihan keperluan masyarakat.

0 komentar:

Posting Komentar